Lelang Aset Properti PPA

Lelang Aset Properti PPA
PT PPA Jual 3.200 Aset Properti Secara Eceran

JAKARTA. PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) bersiap melego kembali sekitar 3.200 aset properti senilai Rp 1,8 triliun, pada akhir Agustus 2008. Namun, tak seperti lelang aset tahap I pada awal Juni 2008, kini PPA akan melelang 3.200 aset itu secara eceran alias satuan.

PPA agaknya tak ingin terjerumus di lubang yang sama. Akhir Juni 2008, PPA cuma meraup duit Rp 80 miliar dari lelang 1.658 aset properti tahap awal senilai Rp 1,1 triliun. Saat itu, PPA melelang asetnya dengan sistem paket. Banyak calon investor mikir dua kali karena harga setiap paket umumnya mencapai puluhan miliar rupiah hingga ratusan miliar rupiah. Minimnya sosialisasi yang dilakukan PPA semakin menambah runyam suasana.

Jumlah penawaran aset PPA kali ini membengkak. Soalnnya, PPA menggabungkan aset yang belum laku saat lelang Juni lalu dengan 1.600 aset lain yang belum pernah dilelang. “Dengan dijual satuan, peminatnya bakal lebih banyak karena tak perlu menyiapkan dana yang sangat besar,” kata Sekretaris Perusahaan PPA Renny O. Rorong kepada Kontan, kemarin.

Sekadar catatan, aset properti di PPA memang berceceran, ada 3.599 asset. Nah, dari jumlah itu, PPA cuma bisa menjual sekitar 3.200 aset. Sekitar 300 aset lainnya tak layak jual lantaran bangunannya amburadul dan dokumennya bodong. Maka, PPA pasti mengembalikan aset yang tak layak ini kepada Departemen Keuangan.

PPA melelang 3.200 aset yang layak jual itu dalam dua tahap. Maklum, ada 1.600 aset masih atas nama pemilik lama. Jika PPA ngotot melego ke-1.600 aset itu, hasilnya hampir pasti jeblok lantaran proses balik namanya harus dua kali, yakni dari pemilik lama ke pemerintah dan setelah itu baru ke investor.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Departemen Keuangan Hadiyanto optimistis taktik PPA kali ini bakal menuai hasil. Dengan begitu, “ Ketiga tugasnya berakhir, PPA tak terlalu banyak menyerahkan aset yang dikelolanya ke Departemen Keuangan,” katanya.

Handiman

[ Koran Kontan – Jumat, 8 Agustus 2008 ]

3 Comments

Filed under properti

3 responses to “Lelang Aset Properti PPA

  1. Kodir

    Alamat PPA dimana? Persyaratan untuk bisa ikutan lelang / pembelian apa saja yg harus dipenuhi?
    Boleh minta bocoran, berapa kisaran harga untuk properti (rumah tinggal).
    Thx yaa.🙂

  2. jony

    bisa dapat data aset yang dilelang pt.ppa? yang telah berhasil/laku maupun yang akan dilelang?

    • Maaf pak Jony.
      Info tsb belum dapat kami peroleh. apabila pak Jony membutuhkan sekali, data tsb ada di PPA (biasanya di pasang di mading PPA).
      Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s