2-4 Tahun Akan Rasakan Dampak Krisis Global

Jakarta (ANTARA News) – Dampak krisis keuangan global terhadap perekonomian Indonesia diperkirakan berlangsung dalam dua hingga empat tahun.

“`Best case`-nya adalah dua tahun saya perkirakan, `worst case`nya selama empat tahun,” kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) MS Hidayat usai pertemuan pemerintah, para gubernur dan Kadin seluruh Indonesia di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu.

Hidayat berpendapat Amerika Serikat (AS) akan mengalami masa resesi cukup panjang karena beberapa perusahaan otomotif sudah merumahkan pekerjanya, dan banyak perumahan disita karena kredit macet.

“Itu jangan terjadi di sini,” ujarnya.

Dampak yang dirasakan Indonesia, lanjut Hidayat, terutama adalah menurunnya permintaan ekspor dari AS.

Untuk itu, ia berharap pemerintah dapat berperan sebagai ujung tombak dalam melakukan lobi bilateral dalam rangka mencari pasar baru dan menurunkan bea masuk untuk produk-produk Indonesia.

Ia juga berharap pemerintah dapat terus melaksanakan agenda bersama dengan perbankan dan pengusaha agar dapat melindungi pertumbuhan sektor riil dalam negeri dan memperkuat pasar domestik.

Karena lembaga perbankan global runtuh akibat krisis, Hidayat mengatakan, perkuatan sektor keuangan dan perbankan juga harus diperkuat.

“Perbankan kita sudah kuat, karena harus biayai sektor riil. Kita tak bisa lagi mengandalkan perbankan internasional,” ujarnya.(*)

sumber: Antara

Leave a comment

Filed under ekonomi1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s