Peluang Bisnis di Kawasan Industri

Tingkat kenyamanan dan fasilitas yang tersedia di kawasan industri dapat disejajarkan dengan kawasan hunian pada umumnya. Tetapi bagaimana dengan nilai investasinya? Akankah lebih baik dari hunian yang lain ? Berikut ini liputannya…

Sebagaimana dengan proyek properti besar lainnya, pembangunan sebuah kawasan industri mempunyai dampak ekonomi yang luar biasa besar pada lingkungan sekitarnya. Apalagi bila kawasan tersebut mempunyai visi dan konsep yang jelas dan kuat, tidak mustahil sejumlah perusahaan berskala global hadir. Kemudian diikuti oleh tumbuhnya unit-unit bisnis yang menunjang kebutuhan industri dan menghidupi warga yang tinggal di kawasan tersebut. Demikian pandangan Asril H. Siregar, Planning & Design Manager Architect Delta Mas.

Terbukannya peluang bisnis dan investasi di kawasan industri juga dibenarkan oleh Managing Director Indoproperty Group, Hary Jap. Menurutnya, idealnya sebuah kawasan industri itu juga memperhatikan pembangunan rumah untuk kelas menengah kebawah. Rumah tipe ini biasanya cepat terserap oleh pasar, karena captive marketnya sudah ada, yakni para karyawan pabrik. Dari sinilah kemudian peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan warganya terbuka.

Sementara, untuk meningkatkan daya tarik investasi di kawasan industri, tahun ini Lippo Cikarang sudah menyiapkan strategi pengembangan kawasan. Salah satunya adalah membuka akses langsung masuk-keluar Lippo Cikarang dengan jalan Tol Cikampak – Jakarta. Dengan demikian, menurut Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk., Meow Chong Loh, selain memudahkan mobilitas pelaku industri dan warganya, juga tidak ada lagi kemacetan pada jam-jam sibuk.

Kawasan industri dan perumahan yang beragam, bisa saja dijadikan pilihan tempat usaha dan wisata yang menarik. Selain fasilitas yang memang sudah ada, suasana kawasan yang tertata rapi dengan taman-taman yang indah, belum lagi berbagai bentuk rumah yang unik, bisa jadi hal yang menarik untuk ditawarkan kepada pengunjung. Hanya saja, agar tidak kalah bersaingan dengan kawasan hunian dan komersial lainnya, Hary mengingatkan bahwa kawasan industri kedepan harus lebih green, baik itu lingkungannya maupun green energy.

Diambil dari tulisan: [m. imam wibowo]

Leave a comment

Filed under properti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s