EKSPANSI BISNIS LIPPO GROUP

JAKARTA. (Kontan Online: Jumat, 30 Januari 2009 | 15:17) Kelompok usaha Lippo sepertinya tak puas cuma menjadi raja properti. Lihatlah, kini Lippo mulai menggelindingkan bisnisnya ke arena sirkuit balap mobil. Untuk itu, kelompok usaha milik Keluarga Mochtar Riady ini akan menyulap jalanan sepanjang 3,2 kilometer (km) di Lippo Village di Karawaci, Tangerang, menjadi street race.

Ngebut resmi di jalan raya ini belakangan memang populer setelah Singapura pada tahun lalu sukses menggelar adu cepat di jalanan di negara kota itu. Sebelumnya, street race cuma dikenal di Kerajaan Monako. Kemudian menyusul Afrika Selatan dan China.

Keinginan Lippo melaju di sirkuit balap bukan muncul belakangan ini. Kepala Komunikasi Perusahaan PT Lippo Karawaci Tbk Danang Kemayan Jati menyebut sebetulnya rencana Lippo masuk ke industri balap-an sudah muncul sejak 2006. Kala itu, Carbon World Wide, organisasi penyelenggara balap otomotif internasional, merayu Lippo. Mereka menilai, jalanan di Lippo Village memenuhi standar untuk street race Grand Prix A1 (GPA1) seri kelima pada 2008/2009. “Kami dikelilingi fasilitas umum penunjang yang tidak dimiliki kawasan lain di Jakarta,” tutur Danang.

Memang, rencana lintasan balap itu bakal mengelilingi sejumlah fasilitas umum. Seperti, Rumahsakit Siloam, Hotel Imperial Aryaduta, Karawaci Supermal, Kondominium Golf Karawaci, kawasan restoran dan kafe Benton Junction, serta landasan helikopter alias helipad. Carbon World menganggap berbagai fasilitas ini bisa mempermudah penyelenggaraan GPA1 yang sedianya bakal berlangsung pada 6 Februari−8 Februari mendatang.

Menurut Danang, penyelenggaraan GPA1 ini menelan investasi US$ 15 juta, atau sekitar Rp 170,44 miliar (kurs Rp 11.363/US$). Dana ini seluruhnya berasal dari kas Lippo. Sebanyak 80% dari investasi tersebut untuk ongkos konstruksi lintasan, pit stop, dan bantalan. Sisa 20%-nya untuk persiapan GPA1.

Sayangnya, untuk sementara keinginan Lippo itu tertunda. Hingga kini Federasi Otomotif Internasional atau Federation Internationale de lAutomobile (FIA) belum juga mengeluarkan lisensi untuk sirkuit Lippo Village. FIA beralasan, pembangunan lintasan melewati batas waktu yang ditentukan. Karena itu, penyelenggaraan GPA1 pun terpaksa mundur menjadi 6 November-8 November 2009. “Curah hujan yang tinggi membuat pengaspalan terhambat,” dalih Danang.

Meski begitu, Lippo yakin bisa merampungkan pembangunan sirkuit akhir bulan ini. Maka, meski jadwal GPA1 mundur, Lippo tetap menggelar kejuaraan balap mobil GT Car pada 6 Februari-8 Februari nanti. Lippo pun telah menggandeng Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk menyelenggarakan hajatan ini.

“Keempat kejuaraan ini bakal menampilkan aksi 80 mobil balap dengan 60 orang pembalap,” papar Irawan Sucahyono, Ketua Bidang Olahraga IMI. Ke depannya, Lippo berencana membuat pertandingan balap mobil internasional tiga bulan sekali.

Mengenai akses jalan umum yang bakal terganggu, Lippo mengaku sudah memikirkan jalan keluarnya. Awal tahun ini, Lippo bakal membangun jalan layang yang menghubungkan Karawaci ke Jalan Tol Tangerang. Dan, untuk masyarakat sekitar, perusahaan berencana menyediakan bus yang bertugas mengangkut penumpang.

Gloria Haraito, Widyasari

19 Comments

Filed under bisnis, infrastruktur1

19 responses to “EKSPANSI BISNIS LIPPO GROUP

  1. LIPPO EMPLOYEES

    Hebat untuk Lippo.
    Untuk mengeluarkan dana -/+ 170M untuk balapan bisa tapi untuk membayar gaji kami yang tidak di bayar dari bulan juni 2009 tidak bisa.
    Di mana salah kami?
    Anak, istri kami bagaimana?
    Tolong Lippo bukalah pintu hati anda sedikit.
    jangan bunuh kami perlahan lahan.
    Tolong Bapak Mochtar Riyadi, anda seorang pandita yang arif dan bijaksana..
    Tolong berikan kearifan anda untuk kami dan anak istri.
    Terima kasih.
    Dari Kami Karyawan Lippo Kymco
    e-mail : kymcoandlippo.employeesuffer@gmail.com

  2. LIPPO EMPLOYEES

    Hebat untuk Lippo.
    Untuk mengeluarkan dana -/+ 170M untuk balapan bisa tapi untuk membayar gaji kami yang tidak di bayar dari bulan juni 2009 tidak bisa.
    Di mana salah kami?
    Anak, istri kami bagaimana?
    Tolong Lippo bukalah pintu hati anda sedikit.
    jangan bunuh kami perlahan lahan.
    Tolong Bapak Mochtar Riyadi, anda seorang pandita yang arif dan bijaksana..
    Tolong berikan kearifan anda untuk kami dan anak istri.
    Terima kasih.
    Dari Kami Karyawan Lippo Kymco
    e-mail : kymcoandlippo.employeesuffer@gmail.com

    • Yth Bapak dan Ibu karyawan sekalian.
      Saya belum tahu secara mendalam kondisi perusahaan Lippo. Tapi menurut saya perlu ada mediasi antara karyawan dengan pihak manajemen.

      Jangan sampai karyawan secara keseluruhan menjadi pihak yang paling dirugikan. Paling tidak ada jalan tengahnya yang bisa juga memberikan solusi dan kesempatan kepada karyawan.
      Memang masing2 pihak akan punya kartu truf yang akan dijalankan apabila salah satu pihak berbuat keluar jalur.

      Ambil contoh dari sisi pesangon apabila perusahaan akan dilikuidasi.
      Perusahaan menginginkan karyawan yang mengundurkan diri, sehingga kewajiban perusahaan membayar pesangonnya menjadi lebih kecil.
      Sementara dari pihak karyawan berkeinginan di PHK oleh perusahaan supaya pesangonnya lebih besar.

      Untuk itu perlu adanya mediasi tadi, supaya karyawan juga tidak diposisikan sebagai pihak yang selalu dan harus mengalah. Tetapi kita menempatkan karyawan (syukur kalau ada serikat karyawan) sebagai pihak yang diposisikan seimbang dengan manajemen dalam masalah ketenagakerjaan.

  3. LIPPO EMPLOYEES

    Terima kasih atas tanggapan Bapak Chris..
    Kami karyawan pada awalnya membela lippo setengah mati waktu di pailitkan oleh vendor san ching.
    Pihak Lippo bersama kami mati-matian mempertahankan di pengadilan niaga agar perusahaan tidak di pailitkan karena kalau kita pailit Lipo sama kami karyawan sama2 mendapatkan paitnya saja.
    Setelah pengadilan niaga jakarta menolak kepailitan bukannya lippo memberikan rasa terima kasihnya tetapi mereka terus berupaya agar karyawan mendapatkan sedikit hak2nya karena lippo sedang menunggu keputusan Mahkamah Agung tentang sita aset sekitar 200 milyar.
    Kami mempunyai serikat pekerja, selama ini kami mewakilkan kepada serikat pekerja.
    Untuk alasan tidak membayarkan gaji lippo berdalih bahwa pemegang saham lain ky taiwan tidak mau meberikan tanda tangan cek.
    Akan tetapi untuk penawaran paket pesangon yang jumlahnya sangat kecil apakah lippo meminta izin dari ky taiwan juga?
    Dan lippo juga membuat kami menilai melakukan cara 2 tidak terhormat melakukan paket pesangon kecil melalui sms pada karyawan TIDAK MELAKUKAN DIALOG DENGAN SERIKAT.
    Padahal kami lagi melakukan gugatan lewat Pengadilan Hubungan Industrial di bandung.
    Pengadilan ke 3 akan di gelar pada tanggal 5 Oktober 2009. di pHI Bandung.
    Apakah Lippo takut akan kalah di PHI hingga melakukan tindakan sms ke karyawan?
    Kami mohon pihak hakim di pengadilan Hubungan Industrial mengambil keputusan yang seadil2nya.

    • Kami doakan semoga keputusan yang diambil adalah benar2 adil, paling tidak mendekati yang diinginkan oleh para karyawan.
      Mudah2an seperti apa yang telah diatur dalam UU.13/2003, pihak karyawan tetap dilindungi hak2nya.
      Semoga berhasil…

  4. LIPPO EMPLOYEES

    Terima kasih atas doanya dan semoga kami mendapatkan hak2nya dan kelak tanggal 5 oktober 2009, kami mendapatkan putusan dari majelis hakim di PHI yang seadil2nya.
    Sekali lagi terima kasih atas doanya.

  5. LIPPO EMPLOYEES

    Pada tanggal 5 Oktober 2009, ternyata Lippo mengganti pengacara.
    Dengan Totok ke abimanyu.
    Hakim menunda lagi keputusan karena pengacara baru belum memahami masalah??? dan berkas belum lengkap.
    kami pasrah dan hanya bersabar.
    hari ini tanggal 9 okt 2009, pengadilan phi berjalan lagi.
    semoga kita menang…

    • Tetap semangat pak/bu…
      Dengan kesabaran, saya saya yakin semua akan terselesaikan.
      Dan siapa yang sabar dan mempertahankan prinsip kebenaran, saya yakin kemenangan itu akan berpihak pada kita.
      Satu lagi yg saya yakin bahwa kebenaran itu akan menemukan jalannya sendiri…

      Salam sukses.

  6. LIPPO EMPLOYEES

    Setelah di tunda akhirnya kami memasuki persidangan di PHI ( Pengadilan Hubungan Industrial ).
    Ternyata sebelum tanggal 5 Oktober 2009, Lippo melakukan serangan fajar dan berhasil menjaring orang sebanyak 13 orang.
    Dan ini di jadikan Lippo melakukan eksepsi kepada kami bahwa gugatan kami kabur karena kami yang melakukan gugatan telah berkurang sebanyak 13 orang.
    Kami tidak bisa menyalahkan ke 13 orang tersebut karena dari Juni 2009 mereka tidak di gaji, tetapi kami menyayangkan kenapa mereka melakukan gugatan bersama – sama kami akan tetapi mencabut gugatan kepada pihak lain.
    Dan ini di buat alasan Lippo untuk menggagalkan tuntutan kami.
    Kami akan melakukan sidang lagi pada tanggal 19 Oktober 2009 untuk melakukan jawaban terhadap eksepsi lippo.
    Mohon doanya karena kami sadar betapa beratnya melakukan perlawanan melalui jalur hukum dengan perusahaan besar dan terkenal.

    • Buah kesabaran itu nantinya manis…
      Memang, tidak semua orang tahan banting. Satu, dua dan seterusnya… akan banyak rekan2 yg tidak tahan dengan kepentingan bersama.
      Mungkin ada alasan lain yang melatarbelakangi. Dan seandainya keluarganya juga memahami akan konsekwensinya, saya kira mereka masih tetap akan bertahan. Walaupun dengan diiming-imingi pekerjaan baru ataupun hadiah lainnya.

  7. mexwin

    Semoga pihak MTP/Lippo menyadari bahwa banyak karyawan mereka yg tdk diberi kejelasan nasibnya, dan semoga keputusan PHI hari ini menguntungkan para karyawan..Mereka sudah menderita karena sudah tidak digaji tapi semangat mereka akan terus berkobar demi memperjuangkan hak-hak mereka..
    Sukses buat temen2…

  8. in solidarity

    apapun upaya yang dilakukan pihak pengusaha dalam hal ini pemegang saham minoritas (lippo), dengan memberikan tawaran paket pesangon kepada karyawan kymco lippo motor indonesia.adalah merupakan satu hal yang menurut kami tidak manusiawi.Lippo (muchtar riyady family) sebagai pengusaha besar dinegeri ini sangat tidak memperdulikan nasib karyawannya yang dulunya merupakan aset perusahaan disaat perusahaan masih aktif dan masih menghasilkan keuntungan perusahaan. Hal itu terbukti disaat hak-hak karyawan (gaji dan hak-hak lainnya) sudah tidak dibayarkan kepada karyawan, bukannya duduk bersama dengan perwakilan karyawan (serikat pekerja) untuk membicarakan win-win solution yang terbaik untuk pengusaha dan karyawan….,,, tetapi malah memberikan tawaran paket pesangon langsung kepada masing-masing karyawan. Baik lewat sms,selebaran ataupun telepon ke masing-masing karyawan. Itu satu bukti itikad tidak baik dari pengusaha lippo terhadap karyawannya,yang notabene secara administrasi masih menjadi karyawannya. Jikalau LIPPO (mochtar riyady family) bisa berbuat seperti itu, maka kepada setiap calon rekanan kerja/rekan bisnis LIPPO berhati-hatilah sebelum anda bekerjasama dengan LIPPO. Seandainya dia tega terhadap karyawannya, bukan tidak mungkin dia akan tega juga berbuat curang terhadap anda.Sekian dan terima kasih.

  9. andika karyawan kymco lippo motor

    Bagi pengusaha lippo sebaiknya beritikad baik terhadap karyawan Kymco Lippo Motor Indonesia. Kami sebagai karyawan merasa tidak bersalah atas perseteruan antara LIPPO dan KYMCO, kami (karyawan) hanyalah korban dari perseteruan kedua pengusaha (penanam modal). Dan kami tidak akan pernah menyerah untuk memperjuangkan hak-hak kami sebagai karyawan, Yang menurut kami masih terdapat hak-hak kami didalam perseteruan anda… Jadi bayarkan segera hak-hak karyawan (gaji dan hak-hak lainnya) karena kami sebagai karyawan sudah cukup menderita….

  10. in solidarity

    Untuk permasalahan ketenagakerjaan di PT.Kymco Lippo Motor Indonesia kami bisa sedikit memberikan masukan. Untuk menjaga eksistensi dan nama baik Lippo Group atau bisnis Lippo, mendingan Lippo beritikad baik terhadap karyawannya.

    Ini bisa dilakukan dengan mempertemukan kedua pemegang saham dengan perwakilan serikat pekerja di PT.Kymco Lippo Motor Indonesia sebagai wakil karyawan (dalam hal ini kedua pemegang saham adalah Kwang Yang motor Co.Ltd dan PT.Metropolitan Tirta Perdana yang notabene adalah anak perusahaan dr Lippo Group juga). Duduk bersama untuk membicarakan win-win solution untuk nasib karyawannya tentu akan jadi sebuah itikad baik, daripada karyawan selalu berunjuk rasa ke Lippo Karawaci.

    Coba seandainya ada event besar Lippo seperti A1GP di karawaci, seandainya pada saat event itu digelar trus ada unjuk rasa karyawan yang menuntut hak2nya di Lippo karawaci kan malah membuat image dan nama baik Lippo sendiri menjadi tidak bagus kan di mata Publik….??? belum lagi jika karyawan PT.Kymco Lippo Motor Indonesia lewat Afiliasi Serikat Pekerja di dunia seperti ILO atau IMF sampai mengkampanyekan Gerakan Boikot Produk / Rekanan Lippo di seluruh dunia kan malah tidak baik untuk usaha Lippo.

    Saya yakin karyawan anggota serikat Pekerja belum melakukan hal seruan pemboikotan “Lippo” dikarenakan pihak karyawan masih ingin menyelesaikan semua permasalahan ketenagakerjaan yg ada di PT.Kymco Lippo Motor Indonesia dengan baik dan win2 solution.

    Jadi jangan tunggu hal itu terjadi, segeralah cari upaya untuk penyelesaiannya. Dalam hal ini karyawan tidak bersalah, jadi wajar seandainya karyawan menuntut hal2 yg menjadi hak-haknya. Bukan dengan melakukan upaya2 menawarkan karyawannya untuk mengundurka diri dari Perusahaan. Itu kan namanya tidak manusiawi.

    Mudah2an bisa terealisasi sebuah solusi win-win solution yang tidak merugikan karyawannya. Terima kasih.

  11. Dion K

    Buka :
    http://suarapembaca.detik.com/read/2010/04/07/121058/1333741/283/karyawan-mempailitkan-pt-kymco-lippo-motor-indonesia

    Karyawan Mempailitkan PT Kymco Lippo Motor Indonesia
    A Kusdiyono – suaraPembaca

    Jakarta – Setelah dari bulan September 2008 merumahkan karyawannya dan tidak memberikan gaji mulai Bulan Juni 2009 akhirnya karyawan PT Kymco Lippo Motor Indonesia (PT KLMI) melakukan gugatan pailit. Gugatan pailit sudah diajukan dan sidang pertama dan direncanakan pada tanggal 6 April 2010 di Pengadilan Niaga.

    Gugatan ini ditempuh karena pemegang saham Kymco Taiwan dan PT Metropolitan Tirtaperdana (Lippo Group) saling melempar tanggung jawab. Gaji yang sebenarnya hak karyawan selama masih dalam ikatan kerja tidak dibayarkan oleh PT KLMI sejak Juni 2009.

    Para karyawan sudah berusaha menghubungi kedua belah pihak. Tetapi, tidak satu pun dari pemegang saham yang beritikad baik.

    Selama tidak digaji kehidupan karyawan PT KLMI sangat menderita. Apalagi tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari pihak manajemen PT KLMI. Karena sangat mendadak karyawan jadi kebingungan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

    Sekarang untuk menutupi kebutuhan sehari-hari para karyawan bekerja serabutan. Ada yang menjadi tukang ojek, tambal ban, jualan bensin. Bahkan, ada yang mengandalkan belas kasihan orang yang lewat di depan pabrik.

    Ternyata para pemegang saham menutup mata dan telinga atas nasib karyawannya. Bahkan, pemerintah melalu Departemen Tenaga Kerja seakan tidak berdaya dan impoten dalam menyelesaikan hubungan perburuhan karyawan PT KLMI.

    Sebenarnya kisah tragis karyawan PT KLMI dimulai saat salah satu vendornya, PT Sanching mempailitkan PT KLMI. Pada saat itu karyawan berusaha menggagalkan pailit bersama-sama salah satu pemegang saham PT Metropolitan Tirtaperdana (Lippo Group). Karena saat itu karyawan berpikiran seandainya pailit maka karyawan kehidupannya akan menjadi pahit.

    Walaupun ada hak karyawan di dalamnya akan tetapi kuratorlah yang akan membagi-bagi harta PT KLMI. Akan tetapi lain pikiran PT Metropolitan Tirtaperdana (Lippo Group). Mereka menolak pailit karena jika pailit terjadi maka mereka akan mendapatkan nilai uang yang kecil.

    Setelah gugatan pailit digagalkan pada Bulan Desember 2008, karyawan masih tidak diberikan kejelasan nasibnya sampai puncaknya bulan Juni 2009, PT KLMI tidak membayarkan gaji sampai sekarang.

    Karena tidak digaji karyawan melakukan gugatan di Pengadilan Hubungan Industrial Bandung. Pada waktu itu karyawan sangat terkejut karena di sidang Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Bandung yang menghadapi adalah PT Metropolitan Tirtaperdana (Lippo Group). Padahal, yang di gugat adalah PT KLMI yang meliputi Kymco Taiwan dan PT Metropolitan Tirtaperdana (Lippo Group).

    Karyawan PT KLMI mengajukan gugatan hak, yaitu gaji yang tidak dibayarkan oleh PT KLMI. Akan tetapi hakim di PHI berpendapat lain dan dalam gugatan tersebut karyawan dinyatakan kalah.

  12. Dion K

    Buka :

    http://web.bisnis.com/umum/hukum/1id173162.html

    Pengadilan Niaga gelar sidang pailit PT Kymco
    Selasa, 06/04/2010 14:19:01 WIBOleh: Elvani Harifaningsih
    JAKARTA (Bisnis.com): Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, siang ini, telah mulai menggelar jalannya sidang perkara pailit PT Kymco Lippo Motor Indonesia.

    “Apakah benar pemohon mengajukan permohonan pailit terhadap termohon?” ujar Yulman, ketua majelis hakim yang memeriksa perkara itu, pada saat membuka persidangan, siang ini.

    Sebelumnya, PT Kymco Lippo Motor Indonesia, ATPM sepeda motor Kymco di Indonesia, kembali menghadapi gugatan pailit untuk kedua kalinya.

    Pada 2008, salah satu suppliernya, PT San Ching mengajukan pailit terhadap perusahaan itu, karena adanya utang yang telah jatuh tempo dan dapat ditagih.

    Ketika itu, Pengadilan Niaga Jakarta Pusat justru tidak mengabulkan permohonan dengan pertimbangan hukum bahwa karyawan masih bisa dilanjutkan karena karyawan masih ingin bekerja.

    Akan tetapi, kali ini justru para pekerja Kymco yang tergabung dalam Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PT Kymco Lippo Motor Indonesia (PUK SPAMK FSPMI PT KLMI) yang mengajukan permohonan pailit melalui Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

    Selain serikat pekerja, permohonan pailit ini juga diajukan oleh dua kreditor lainnya yang juga mempunyai tagihan yang sudah jatuh tempo dan dapat ditagih.

    Sidang perkara No.25/PAILIT/2010/PN.NIAGA.JKT.PST tersebut rencananya bakal digelar besok, 13 2010, di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, dengan agenda jawaban dari termohon pailit. (msw)

  13. Dion K

    Buka :
    http://www.kontan.co.id/index.php/nasional/news/33372/Tuntut-Pailitkan-Kymco-Lippo-Motor-Ratusan-Pekerja-Berdemo-di-Pengadilan

    Senin, 05 April 2010 | 15:04

    PEKERJA TUNTUT PAILIT KYMCO

    Tuntut Pailitkan Kymco Lippo Motor, Ratusan Pekerja Berdemo di Pengadilan

    JAKARTA. Ratusan pekerja PT Kymco Lippo Motor Indonesia yang tergabung dalam pimpinan unit kerja serikat pekerja Automotif Mesin dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal PT Kymco Lippo Motor Indonesia (PUK SPAMK FSLMI PT KLMI) melakukan aksi di depan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Aksi demo ini sehubungan dengan langkah hukum serikat pekerja untuk mempailitkan perusahaan sepeda motor matik asal Taiwan ini.

    “Kami menuntut supaya pengadilan dapat mengabulkan permohonan pailit kami ini. Dengan aksi ini diharapkan Majelis Hakim dapat mempertimbangkan permohonan ini,” kata Nyumarno, perwakilan serikat pekerja PT Kymco Lippo Motor saat ditemui di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Senin (5/4).

    Dijelaskan lebih lanjut olehnya, langkah hukum memailitkan perusahaan yang dimiliki Kwang Yang Motor Co.Ltd (Taiwan) sebesar 75% dan PT Metropolitan Tirta Perdana sebesar 25% itu karena perusahaan ini tidak melakukan aktivitas usaha lagi. Alhasil, sejak September 2008 secara bertahap seluruh karyawan dirumahkan sampai sekarang ini.

    “Selain kegiatan sudah berhenti, perusahaan tidak membayarkan gaji dan hak-hak para pekerja sejak Juni 2009, THR tahun 2009, dan juga membayar JHT karyawan ke PT Jamsostek,” jelasnya.

    Menurut kuasa hukum pekerja, Kaspo, jumlah utang perusahaan kepada pekerja mencapai Rp 33 miliar. Di samping itu, perusahaan juga sudah tidak membayar utang-utang tagihan supplier atau vendor, tagihan rumah sakit, listrik, telepon, dan air. Tidak Mengherankan jika beberapa supplier pun ikut mengajukan permohonan pailit dengan No. 25/Pailit/2010/PN.Niaga.Jkt.Pst. “Rencananya sidang perdana bakal digelar pada Selasa (6/4) dan diketuai Hakim Yulman,” katanya.

    Untuk mengingatkan, pada 2008 lalu Kymco Lippo Motor pernah dipailitkan oleh salah satu supplier-nya PT San Ching, namun permohonan pailitnya tidak dapat dikabulkan dengan pertimbangan bahwa perusahaan tersebut tidak dalam keadaan kesulitan finansial. Di samping itu, tagihan utang terhadap San Ching telah dibayar oleh Kymco Lippo Motor meski saat persidanggan. Tidak hanya itu juga, pertimbangan majelis hakim menolak permohonan pailit karena sikap pekerja yang juga menolak permohonan tersebut.

    Namun, dua tahun kemudian kondisinya berbeda, sekarang justru pekerja mengharapkan supaya perusahaan ini dipailitkan. Harapan pekerja untuk dapat bekerja kembali sudah tidak mungkin lagai. Selain perusahaan sudah tidak melakukan aktifitas, seluruh anggota direksi yang sebagian dari Taiwan sudah tidak ada di Indonesia. “Cara untuk meminta gaji dan hak-haknya, pekerja menempuh jalan pailit dengan harapan tagihan bisa terbayarkan melalui likuidasi,” tuturnya.

  14. candika

    Betul akhirnya kami ambil keputusan pailit. Biarlah mereka memutusakan seadil-adilny. yaitu PAILT. Pak hakim harus lihat kenyataan bahwa perusahaan kami telah gelap gulita bagai rumah hantu yaiut tandanya sudah tidak ada operasional dan tidak ada cash flow. ISalhkan buktikan

  15. korban perampokan

    lippo group tak henti-hentinya berekspansi ke berbagai usaha. Namun modal yang didapatkannya dengan menghisap darah karyawan dan merampok aset patnernya. Bapak mohtar riyadi dan bapak james riyadi, saya bertanya pada saudara, apakah keluarga anda keluarga perampok?? LIHAT KASUS KYMCO, KASUS ASTRO, MATAHARI SENTUL , LIPPO MELCO DAN MASIH BANYAK YANG LAINNYA. SEBENTAR LAGI MUNGKIN AXIS AKAN MENYUSUL…… Bapak Mohtar dan james.. tolong tegur pegawai anda seperti bapak rudy nanggulang, bapak martin, toto kalau tidak ingin dicap keluarga anda adalah keluarga perampok.. lihatlah nasib karyawan… coba anda renungkan bagaimana mungkin di kasus pt. kymco anda yang mempunyai saham hanya 25 % ternyata anda memperkarakan mitra anda yang mempunyai saham 75 % dan meminta ganti rugi semua asett??? Kepada halayak… jangan anda bekerja sama dengan group lippo… anda akan diperkarakan seperti ini… waktu akan menjawabnya…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s