Otak-atik Engine

Pernahkah Anda mengotak-atik motor, mobil, komputer atau apalah namanya (objek yg di otak-atik) yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja dari barang / produk tersebut.

Logikanya, apa2 yg berkaitan dengan kinerja engine yg akan berpengaruh terhadap performance dari obyek tersebut. Karena terlalu serius dengan kegiatan otak-atik tersebut, kadang malah kinerja engine ini dinomorduakan.

Suatu pabrikan merancang suatu produk biasanya sudah mempunyai ukuran dan parameter tertentu sebagai patokan kinerja / performance produk tersebut. Sifat pingin tahu dari kita mendorong untuk melakukan otak-atik. Harapannya agar kinerja / performancenya dapat seperti yang diharapkan.

Sebagai contoh, coba Anda amati temen-temen yg suka trek-trekan di jalanan. Yang dia otak-atik kadang bukan sekedar dapur pacu (engine) nya saja, tapi juga spion dicopot, sticker di body motor dicopot / diganti, lampu diganti dengan yg ukurannya lebih kecil/besar. Belum lagi helm pengaman yg selama ini dipakai juga tidak dikenakan, dengan alasan agar lebih funky.

Ini contoh kecil yg terjadi di lingkungan kita. Ingin meningkatkan performance suatu produk tapi kadang malah merusak kinerja produk. Untuk jangka pendek mungkin tidak kelihatan dampaknya. Namun kalau diperhatikan dalam jangka panjang, pengaruhnya begitu signifikan…

Jadi hobby otak-atik ini bisa bermanfaat, tetapi bisa juga malah merusak kinerja produk.

Termasuk manakah otak-atik yang Anda kerjakan…

Leave a comment

Filed under intermezzo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s