Peredam Radiasi Sekaligus Elemen Dekorasi

iDEA online. Jumat  6 Februari 2009
Stiker sandblast

Ruangan di rumah panas? Mungkin ini karena banyak dinding yang terbuat dari kaca polos. Coba lapis kaca dengan striker kaca. Radiasi matahari teredam, kaca pun menjadi lebih indah.

Selain berdampak positif bagi sebuah ruang, keberadaan kaca sebagai dinding ruang berpotensi negatif. Semakin banyak kaca pada dinding rumah, semakin banyak radiasi matahari masuk ke dalam ruangan. Akibat negatifnya, temperatur ruang meningkat pada siang hari.

Untuk mensiasati efek negatif itu, banyak cara bisa dilakukan. Antara lain: memasang gorden, woodblind, atau sandblast. Cara yang terakhir, sandblast, semakin banyak dipakai. Kenapa? Material ini punya keunggulan karena menempel pada kaca. Tidak seperti lainnya, yang menambahkan elemen di belakang jendela kaca.

Efek kaca sandblast dapat dihasilkan melalui dua cara. Dengan metode semprot atau menggunakan kaca film berefek sandblast. Berikut ini kami sampaikan perbandingan kedua metode itu.

Sunblast Semprot Kaca Film
Berwujud material cair yang disemprotkan Berwujud lembaran, dengan lebar 90 cm.
Pengerjaannya membutuhkan keahlian khusu, karena harus mencampurkan beberapa zat, kemudian menyemprotkannya ke permukaan kaca. Pemasangan seperti stiker yang melekat di kaca. Bisa dikerjakan sendiri, asalkan hati-hati.
Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan lebih dari 1 hari. Waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Dalam kondisi normal bisa dipasang tak lebih dari satu hari.
Penggantian sunbalst semprot sulit dilakukan, karena menempel dan menyatu dengan kaca. Mengganti kaca film mudah dilakukan. Tinggal mengelupasnya, kemudian ganti dengan yang baru.
Motif dan tekstur terbatas. Motif dan tekstur beragam.

Penulis: Whery
Foto: Surai
Properti: Deco ‘in Jl. RS. Fatmawati No.7 Jakarta Selatan

Leave a comment

Filed under properti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s