Cara Mudah Mengubah Suasana Ruang

Focal point
Focal point dapat memecah kesan monoton pada ruangan. Keberadaannya pun dapat menjadi panduan arah pandang.

KEHADIRAN focal point, atau titik pusat perhatian, pada ruangan dapat memecah kesan monoton. Selain itu, focal point juga dapat “mengarahkan” pandangan” orang. Sehingga ketika memasuki ruangan, arah pandang mata langsung menuju ke satu titik. Simak beberapa triknya berikut ini.

  • Cermati ruangan, temukan objek yang kira-kira menarik perhatian. Bisa saja mata Anda tertarik pada cermin berbingkai unik atau lukisan berukuran besar dan bertema menarik. Objek inilah yang nantinya bisa dijadikan focal point.
  • Focal point tidak harus berbentuk benda (furnitur, lukisan, aksesoris). Anda bisa menjadikan salah satu bidang dinding ruangan sebagai focal point. Caranya, cat salah satu bidang dinding dengan warna mencolok, yang berbeda dengan warna dinding lainnya.
  • Masih kesulitan menemukan objek yang menarik? Coba cara lain. Cari furnitur atau aksesori dalam ruangan, yang berukuran paling besar, atau memiliki desain paling unik. Itulah focal point ruangan.
  • Tentukan penempatan focal point yang pas. Pada ruangan yang berfungsi sebagai tempat berkumpul sambil bersantai, tempatkan focal point di tengah ruangan. Sedangkan pada ruangan yang bersifat lebih formal, seperti ruang tamu, Anda bisa menempatkan focal point pada dinding yang berseberangan dengan arah hadap orang.
  • Hindari menempatkan lebih dari satu focal point. Banyak focal point pada ruangan, bisa jadi justru merusak tatanan interior ruangan. Bahkan bisa memberikan kesan ruangan yang berantakan dan tidak teratur.

Anissa

Lokasi: Rumah Ria Pramita, Lebak Bulus, Jakarta Selatan

sumber: Kompas Online Kamis, 8 Januari 2009 | 13:35 WIB

Leave a comment

Filed under interior

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s