Menyatukan Dua Fungsi Ruang

Partisi Transparan
Dengan partisi transparan, dua ruang terpisah tetap tampak menyatu.

RUANGAN yang luas memiliki banyak kelebihan. Di sana kita bahkan dapat mencipta dua ruangan yang berbeda fungsi. Cara yang satu ini biasa dimanfaatkan untuk menghindari kesan kosong, yang mungkin muncul pada ruangan yang terlalu luas.
Pada ruang utama misalnya, ruang ini bisa dibagi menjadi dua fungsi ruang, misalnya ruang keluarga dan ruang kerja. Yang umum dilakukan adalah membagi ruang itu menjadi ruang makan dan ruang keluarga.

Ruang apa pun yang ingin dicipta tentu tergantung kebutuhan. Namun yang perlu diperhatikan adalah: jaga agar keberadaan kedua ruang itu tak lantas membuat sesak. Nah, untuk menghindarinya gunakan pemisah yang tak masif, misalnya gunakan partisi. Letakkan partisi sebagai pembatas ruang. Selain lebih murah, partisi juga membuka kemungkinan untuk melebur kedua ruang setiap kali dibutuhkan.

Partisi dapat dibuat berkonsep transparan, misalnya dengan meletakkan partisi dengan desain berlubang-lubang. Atau bisa juga dengan meletakkan partisi yang terbuat dari kaca.

Menurut desainer interior, Yuni Jie, dalam bukunya Simply Simple, partisi transparan dapat membuat dua ruangan terpisah tampak menyatu secara visual. Dengan demikian, meskipun ruangan terbagi dua, tetap tampak lega.

Anissa

Lokasi: Show unit The Peak at Sudirman, Setiabudi, Jakarta Pusat

sumber: Kompas Online Rabu, 11 Februari 2009 | 11:22 WIB

Leave a comment

Filed under interior

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s