Mungil dan Optimal

Letaknya di bawah tangga. Ketinggian level lantai direndahkan. Toilet ini cukup untuk mengakomodasikan kebutuhan tamu.

POWDER room adalah toilet yang disediakan khusus untuk tamu. Fasilitasnya antara lain kloset dan wastafel. Tidak ada shower untuk mandi.

Pada umumnya powder room mengambil posisi di dekat pintu masuk atau di sisi ruang tamu. Namun ada pula yang memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga. Keduanya sah-sah saja karena toh kebutuhan ruang untuk kamar mandi tamu ini tidak terlalu besar. Contohnya adalah powder room ini, yang berukuran 1,5 m x 2 m.

Agar ruang yang terbatas itu tidak terlihat sesak maka dipasang cermin pada salah satu dinding. Cermin ini menerus hingga menyentuh plafon, membuat ilusi optik seolah-olah ruangan lebih luas dari ukuran sesungguhnya. Warna dinding adalah putih dengan corak dekoratif yang didapat dari penggunaan sentuhan permainan plamir dan cat warna putih, menggunakan perkakas kape.

Tampilan natural terwujud lewat dinding dan lantai keramik ukuran 33 cm x 66 cm warna hitam batu dengan permukaan tidak rata. Pada pinggiran lantai dan ambalan terdapat batu kerikil tebar. Batu kerikil yang sama ditempatkan pula pada top table. Di bawah top table terdapat rak simpan yang terbuat dari kayu.

Mengingat peletakan kamar mandi ini di bawah tangga maka tidak memungkinkan bila dipasangi jendela sebagai jalur sirkulasi udara. Sebagai gantinya dipasang exhaust fan pada salah satu dinding. Aksen kesejukan diciptakan pula dari penempatan tanaman sirih gading pada salah satu sudut kamar mandi./*
iDEA

sumber: Kompas Online Rabu, 24 Desember 2008 | 11:04 WIB

Leave a comment

Filed under interior

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s