Ruang Baca yang Nyaman

Tak perlu lahan luas. Ruang baca di lahan sempit pun bisa terasa nyaman. Hanya perlu siapkan sofa yang nyaman dan pencahayaan yang cukup.

BANYAK orang memanfaatkan waktu luangnya dengan membaca. Setelah lelah bekerja seharian, membaca bisa menjadi alternatif hiburan. Agar aktivitas membaca semakin menyenangkan, Anda memerlukan ruang baca yang nyaman.
Nyaman tidak selalu menuntut keberadaan lahan yang luas. Lahan sempit pun bisa diubah menjadi ruang baca yang nyaman.

Anda bisa memanfaatkan lahan sisa di mana pun, di rumah Anda, untuk membuat ruang baca. Tak perlu menyediakan banyak furnitur, yang penting dapat mendukung aktivitas membaca. Untuk menciptakan ruang baca yang nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, tempatkan kursi atau tempat duduk yang nyaman. Pada umumnya, orang mengalokasikan waktu untuk membaca antara 15 menit dan satu jam. Bahkan tak jarang yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca. Oleh karenanya, mutlak diperlukan adanya tempat duduk yang nyaman.

Jika lahan yang tersedia cukup sempit, pilih sebuah single sofa. Agar lebih nyaman, tambahkan poeff sebagai penyangga kaki. Dengan demikian, sembari membaca Anda bisa bersantai dan meluruskan kaki.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah penempatan rak buku. Jangan memaksakan untuk meletakkan rak buku berukuran besar di ruang baca jika lahan yang tersedia tidak mencukupi. Sebagai ganti rak buku, letakkan beberapa ambalan. Susun beberapa buku favorit di ambalan tersebut.

Selain kedua hal di atas, yang tidak boleh dilupakan adalah pencahayaan. Aktivitas membaca sangat memerlukan pencahayaan yang cukup. Membaca di ruangan yang kekurangan cahaya tentu tidak nyaman. Oleh karena itu, pastikan ruang baca memiliki pencahayaan yang cukup.

Pencahayaan tersebut bisa didapat dengan menempatkan lampu baca. Atur posisi lampu baca agar cahaya jatuh tepat di halaman buku yang sedang dibaca. Posisi yang paling baik adalah di sebelah kiri atau kanan tubuh. Atau juga bisa memilih lampu baca yang memiliki “lengan” yang bisa diputar ke segala arah sehingga posisi jatuh cahaya bisa diatur.*

Anissa

sumber: Kompas Online Kamis, 5 Februari 2009 | 16:29 WIB

Leave a comment

Filed under interior

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s