Sesuaikan Desain Dapur dengan Ketersediaan Lahan

Ukuran lahan perlu diperhatikan dalam memilih desain untuk ruang dapur.

DAPUR merupakan salah satu ruangan yang didalanya terdapat banyak kegiatan. Itulah sebabnya, kenyamanan menjadi salah satu syarat dalam mendesain dapur. Dapur yang terlalu sempit, atau terlalu lengang, tentu dirasa kurang nyaman. Agar tidak terjadi demikian, sesuaikan desain dapur dengan ketersediaan lahan di rumah.

Single Line
Dapur single line berbentuk garis lurus. Pada dapur ini, dapur kotor dan bersih, berada dalam satu area. Meski dirasa kurang nyaman, dapur single line paling cocok untuk lahan berukuran sempit. Itulah sebabnya, desain dapur ini banyak diaplikasikan pada rumah berukuran mungil atau apartemen. Agar tetap terasa nyaman, meski dapur kotor digabung dengan dapur bersih, jagalah selalu kebersihan dan kerapihan dapur.

Double Line
Dapur ini terdiri dari dua garis lurus. Dapur kotor dan bersih ditempatkan berseberangan. Lahan dapur berbentuk memanjang sangat cocok untuk desain dapur yang satu ini. Meski sederhana, namun dapur kotor dan bersih sudah berada dalam area terpisah.

Dapur Island
Dapur island cocok diaplikasikan pada lahan yang cukup luas. Ciri khas dapur ini adalah adanya meja di bagian tengan dapur. Meja tersebut bisa dijadikan area kerja, atau tempat menyajikan makanan.

Dapur “L”
Desain dapur yang satu ini juga bisa diaplikasikan pada lahan terbatas. Pada dapur ini, dapur kotor dan bersih diletakkan pada dua sisi dinding yang berpotongan (sudut). Bentuknya yang menyiku relatif lebih nyaman.

Dapur “U”
Dapur yang satu ini biasa juga disebut “ngantong”. Dapur ini membutuhkan area yang relatif lebih luas dari kebutuhan ruang untuk dapur single line. Dapur “U” menempati tiga sisi dinding. Bisa juga menempati dua sisi dinding, kemudian tambahkan meja bar sebagai sisi ketiga. Meja bar bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai meja saji dan meja sarapan.

Anissa

Lokasi: Shoe Unit The Peak at Sudirman, Setiabudi Raya, Jakarta Pusat

sumber: Kompas Online Rabu, 11 Februari 2009 | 14:23 WIB

Leave a comment

Filed under interior

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s