Pilihan Rumah Rp 300 Jutaan

image006Tingkat harga merupakan salah satu ukuran kualitas suatu perumahan. Dari harga yang dipatok pengembang, kita bisa membayangkan segmen pasar mana yang akan dituju pengembang, dan rumah dengan fasilitas seperti apa yang akan kita dapatkan.

Tahun 2007 ini banyak disebut sebagai titik cerah kebangkitan sektor properti di Indonesia. Relatif stabilnya laju inflasi dan kurs mata uang rupiah, yang diikuti dengan penurunan suku bunga kredit perbankan, tentu akan memicu meningkatnya alokasi kredit properti, baik KPR maupun kredit konstruksi. Karena itu tak mengherankan kalau saat ini pengembang seperti berlomba menawarkan cluster-cluster terbaru perumahan mereka kepada konsumen.

Banyak kalangan memprediksi, ini adalah moment dimana daya beli masyarakat sudah mulai membaik. Terutama dari golongan kelas menengah. Mereka adalah kalangan profesional muda yang baru berkeluarga, dan butuh tempat tinggal yang layak dan sesuai dengan pendapatannya. Karena itu tak mengherankan, kalau pasokan perumahan baru yang mendominasi pasar properti di triwulan pertama tahun 2007 ini adalah perumahan-perumahan untuk kelas menengah ini.

Nah, di antara beragam tipe rumah di kelas ini, yang menarik diketahui adalah bagaimana positioning rumah dengan harga dengan kisaran Rp 300 jutaan? Untuk area Jabodetabek, tentu tak mudah mendapatkan rumah dengan harga Rp 300 jutaan di Jakarta. Harga tanah yang sangat tinggi di Jakarta, membuat pengembang tak mungkin mampu menyediakan rumah dengan harga Rp 300 jutaan di pusat kota metropolitan ini. Kalaupun toh ada, ukurannya pasti kecil dan biasanya di pinggiran kota. Pengembang Damai Putra Group misalnya, menawarkan cluster Bunga di Perumahan Royal Residence, Pulogebang, Jakarta Timur. Harga yang dipatok untuk rumah dengan tipe 45/90 ini adalah Rp 316 juta. Di Cakung, Jakarta Timur, pengembang Metropolitan Land juga berani menawarkan rumah dengan harga Rp 335.280.000. Tipe rumah yang terletak di cluster Lily Perumahan Menteng Metropolitan ini adalah 51/120.

Di Jakarta, hunian dengan harga Rp 300 jutaan bisa juga dimiliki untuk jenis hunian vertikal. Unit-unit apartemen dengan tipe studio yang dikembangkan oleh Agung Podomoro Group di Jakarta adalah contoh untuk jenis produk hunian ini.

Rumah dengan harga Rp 300 jutaan sebenarnya lebih banyak didapati di daerah-daerah penyanggah Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Di Depok misalnya, terdapat perumahan Telaga Golf Sawangan yang juga membidik segmen pasar rumah Rp 300 jutaan. Dari 700 unit rumah yang dikembangkan oleh group Sinarmas ini, 350 unit di antaranya ditawarkan dengan harga berkisar Rp 300 jutaan. Rumah-rumah berkonsep resort tersebut tersebar di cluster-cluster Great Britain, Liverpool, dan Manchester.

Dengan harga sekitar Rp 300 juta, di cluster Great Britain, Telaga Golf Sawangan, kita bisa mendapatkan rumah dengan luas bangunan dan luas tanah yang lumayan lapang. Di daerah Tangerang banyak juga kita temui perumahan dengan harga Rp 300 jutaan. Salah satunya adalah di Kota Modern Tangerang. Sementara di kawasan Serpong, perumahan Alam Sutera juga menawarkan seharga Rp 335 juta di cluster S. Feronia.

Di sisi timur Jakarta, yakni daerah Bekasi, rumah dengan harga Rp 300 jutaan lebih banyak kita temui. Di Kota Deltamas Cikarang misalnya, rumah-rum,ah seperti itu dapat kita peroleh di cluster Fresno. Beragam fasilitas serta kemudahan akses ditawarkan hunian yang mengusung konsep regional centre di kawasan timur Jakarta ini.

Masih di daerah Cikarang, rumah dengan harga berkisar antara Rp 280 juta hingga rp 350 juta dapat juga diperoleh di cluster Tropicana kawasan Jababeka. Sedangkan di daerah Cibubur, rumah dengan kisaran harga Rp 330 juta sampai dengan Rp 390 juta di antaranya dapat diperoleh dari beberapa cluster perumahan yang terdapat di CitraGran Cibubur. Sementara itu, di Legenda Wisata Cibubur, rumah seharga Rp 331 juta dalat ditemui di cluster Einstein.

Hampir sama dengan yang berlaku di kota Jakarta. Rumah dengan harga Rp 300 jutaan sulit kita dapatkan di perumahan-perumahan berskala besar di kota Surabaya. Menurut Marketing Manager Citra Raya Surabaya, Agung Krisprimandoyo, di tempatnya kebetulan tidak menawarkan rumah dengan harga dengan kisaran seperti itu. Tapi kelompok mereka, yakni Ciputra Group punya perumahan dengan harga berkisar Rp 300 jutaan di daerah Sidoarjo, yaitu Citra Garden dan Citra Harmoni Sidoarjo.

Sedangkan pengembang besar lain di Surabaya, yakni Pakuwon Group, mengembangkan hunian dengan harga Rp 300 jutaan untuk hunian jenis apartemen. Menurut Marketing Manager Pakuwon City, Wanto Ngali, beberapa dari apartemen East Coast Residence di Pakuwon City ditawarkan dengan harga berkisar Rp 150 juta hingga Rp 400 juta.

Ada harga, ada rupa, adagium itu berlaku juga di dunia properti. Harga tanah yang selangit di lokasi-lokasi prima, kualitas konstruksi bangunan, dan kelengkapan fasilitas di kawasan perumahan, memang menjadi penentu utama harga suatu rumah. [dedi nurtanio]

Leave a comment

Filed under properti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s