Benahi Kabel Transmisi Avanza

Selasa, 14/04/09 11:05

Sistem Pemindah Tenaga


OTOMOTIFNET – Operan tuas transmisi yang ngepas saat masuk gigi tentu jadi keharusan. Jangan sampai tertukar posisinya. Mau dimasukan pada gigi 3, malahan bisa masuk ke gigi 5. Seperti yang dialami Fina saat memindah gigi Toyota Avanza keluaran 2005 miliknya. Kepada Kru OSS ia merasa tuas jadi loyo dan bisa didorong sampai mentok hingga membentur permukaan dasbor. Terkadang bisa kembali pada posisi netral dengan sendirinya di saat melaju. Lho kok, bagaimana ini?

Rp 150 Ribuan
Biar si tuas kembali tegap dan digerakkan masuk dengan tepat pada posisi giginya, cukup mengganti salah satu kabel penghubung tuas transmisi yang sudah bermasalah. Jika gangguan terjadi saat ditarik dan didorong ke depan, penyebabnya kerap terjadi pada kabel samping tuas. Plastik pada ujung kabel yang terhubung langsung dengan tuas ini berwarna putih (Gbr.1).


gbr.1

gbr.2

gbr.3

gbr.4

Berbeda dengan kabel tengah tuas yang di bagian ujungnya berwarna hitam. Saat bermasalah, gerakan ke kiri dan ke kanannya akan bertambah lebar. Kabel yang menggunakan serat kawat di dalamnya ini, sama-sama sudah terlepas di bagian pipa penyelaras akhir. Saat digerakan kawat sling menjadi lemah mendorong pemindah gigi pada rumah transmisinya (Gbr.2). Selain karena usia pakai, pipa penyelaras bisa terlepas dari bagian kabel lantaran gerakan tuas yang kerap berlebih saat digerakkan. Saat tuas sudah mengkancing masuk pada posisi gigi yang dikehendaki, sebaiknya tidak didorong lebih.

Harga kabel ini memang relatif murah di pasaran. Yaitu berkisar Rp. 150 ribu, hanya saja proses penggantiannya relatif repot. Lantaran Anda perlu melepas kabel hingga bagian pengungkit yang ada di kolong mobil. ritualnya bisa mulai dari melepas konsol boks yang menutupi tuas atas (Gbr.3). Setelah terlihat mekanisme tuas atas ini, barulah bisa melepas plastik pengaitnya dari tuas dan pelat pengunci tuas (Gbr.4).


gbr.5

gbr.6

gbr.7

gbr.8

Untuk membebaskan kabel bagian bawah, kedua baut pengikat kabel dengan kolong bodi perlu dilepas dengan bantuan kunci ‘10’ terlebih dulu (Gbr.5) dan (Gbr.6). Selanjutnya melepas pelat penahan kabel dengan transmisi dengan bantuan tang kombinasi ke arah luar coakan pelat (Gbr.7).

Terakhir cabut klip ujung kabel yang terhubung dengan transmisi untuk membebaskan satu bagian kabel ini (Gbr.8). Cukup sulit walau penggantian barang yang harganya relatif murah, bukan? Pemasangan kembali kabel yang baru bisa Anda mulai dari ujung kabel yang diberi kawat klip dan terhubung langsung dengan transmisi, lalu kembali berurutan ke tuas atas. Kabel yang sudah tegang jadi mudah lagi untuk dimasukan pada posisi gigi yang Anda pilih alias tidak loyo lagi.

Penulis/Foto: Ade

Leave a comment

Filed under tips n trick

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s