Kaca Pintar

Berubah Buram dan Bening dalam Sekejap
Kaca pintar (intelligent glass) mampu berubah dari buram menjadi bening dalam sekejap. Bahkan bisa sekaligus berperan sebagai layar proyektor.

Rabu, 15 April 2009 | 10:39 WIB

KOMPAS.com – Sifat kaca yang transparan, memiliki kelebihan dan kelemahan. Sifatnya ini banyak dimanfaatkan untuk kesan “tiada batas”, sehingga ruangan terasa lebih luas. Di sisi lain, sifat transparan ini menyebabkan berkurangnya privasi sebuah ruangan. Penambahan tirai atau blinds, seringkali dipilih sebagai solusi.

Dengan kaca pintar (intelligent glass), berkurangnya privasi tidak lagi menjadi masalah. Tanpa tirai maupun blinds, privasi setiap ruang tetap terjaga. Intelligent glass mampu berubah dari buram menjadi bening, atau sebaliknya, dalam sekejap. Cukup dengan menekan tombolnya. Saat ingin ruangan tampak lebih luas, pilih tampilan kaca bening. Ketika Anda membutuhkan privasi, buramkan saja kacanya.

Kaca pintar ini merupakan laminasi dua buah kaca. Di bagian tengahnya ditempatkan kristal cair, berupa Polymer Dispersed Liquid Crystal (PDLC). Kristal cair ini bereaksi terhadap aliran listrik. Ketika tidak ada aliran listrik, molekulnya tersebar tidak beraturan, sehingga kaca menjadi buram.

Sebaliknya ketika terdapat aliran listrik, molekulnya berubah dalam posisi teratur. Posisi demikian akan meneruskan cahaya yang masuk. Hasilnya, kaca menjadi bening (transparan). Teknologi ini mirip dengan layar komputer atau laptop.

Fungsi kaca ini sama seperti kaca pada umumnya. Bisa diaplikasikan untuk jendela, maupun partisi ruangan. Kelebihan lainnya, dalam kondisi buram, kaca ini dapat dimanfaatkan sebagai layar proyektor. Tak heran kaca ini sering diaplikasikan pada ruang rapat, bahkan home theater.

Kaca-kaca pintar ini dijual dalam bentuk panel berukuran 2mx1m, dengan ketebalan ± 10mm. Listrik yang dibutuhkan untuk panel ini antara 5-10 Watt. Pemasangan dan perawatannya persis sama dengan kaca biasa. Ingin menambahkan lukisan atau cutting sticker di permukaannya pun tak masalah.

Penulis: Anissa

Properti: iGlass-Himalaya Abadi

http://himalayaabadi.com/products_iglass.php


Leave a comment

Filed under interior

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s