Pemerintah akan Lepas Seluruh Saham di Kawasan Industri

Selasa, 26/05/2009 13:45 WIB
Angga Aliya ZRF – detikFinance


Foto: Angga/detikFinance

JakartaKementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana melepas seluruh kepemilikannya di perusahaan pengelola kawasan industri. Meskipun kinerja perusahaan tersebut masih baik, namun tidak memberikan kontribusi signifikan ke negara.

Demikian hal itu dikemukakan oleh Sekretaris Kementerian Negara BUMN M Said Didu di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (26/5/2009).

“Industri kawasan itu mau dilepas semua saham pemerintahnya. Dulu kita pegang karena masih kita butuhkan, sekarang kan swasta sudah banyak yang jauh lebih maju,” katanya.

Selama ini pemerintah memiliki kepemilikan mayoritas di PT Kawasan Berikat Nusantara, PT Kawasan Industri Medan, PT Kawasan Industri Makasar, dan PT Kawasan Industri Wijaya Kusuma (Surabaya).

Alasan lain dilepasnya seluruh industri kawasan oleh pemerintah, antara lain kontribusinya kepada negara yang sudah tidak terlalu signifikan.

“Kinerjanya masih oke, tapi sumbangan dividennya tidak besar. Hanya sekitar Rp 1 miliar tiap tahun. Mungkin bisa lebih efisien kalau diurus swasta,” imbuhnya.

Ia mengatakan, kepemilikan saham pemerintah tersebut akan dilakukan dengan cara lelang. Dengan begitu, perusahaan yang tertarik untuk membeli bisa ikut ambil bagian dalam lelang tersebut.

“Nanti kita lelang, nanti siapa saja yang mau kan bisa masuk. Kalau memang Pemda (Pemerintah Daerah) berminat boleh beli,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemda DKI Jakarta juga sudah menyatakan minatnya dengan cara menambah kepemilikan saham di Kawasan Berikat Nusantara.

Rencana pelepasan saham ini akan dibawa ke rapat DPR untuk diminta persetujuan terlebih dahulu.
(ang/lih)

2 Comments

Filed under kebijakan1

2 responses to “Pemerintah akan Lepas Seluruh Saham di Kawasan Industri

  1. tri

    Informasi yang sangat berguna

  2. Mudah2an dengan rencana yang akan diambil Pemerintah ini, multiplier-nya akan berdampak ke kesejahteraan masyarakat secara umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s