JIEP Tertibkan Investor

Press Release

  • PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung
  • JIEP Eco Green Industrial Estate
  • Jl. Pulokambing No. 1
  • Kawasan Industri Pulogadung
  • Jakarta Timur
  • Phone : (021) 4600305
  • Fax : (021) 4600730
  • Web : www.jiep.co.id
  • Email : jiep@jiep.co.id

Kebakaran yang terjadi di areal seluas 21. 720 M2 Jl. Rawagelam I No.6 Kawasan Industri Pulogadung (KIP) Jakarta Timur, Senin 30 Nopember 2009 yang lalu, merupakan pelajaran berharga bagi kita semua.

Sesuai dengan Surat  Perjanjian Penggunaan Tanah Kavling Industri (SPPTI) tanggal 26 Agustus 1976 No. 78/JIEP/In/VIII/1976 antara PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) sebagai pengelola KIP dengan investor,  bahwa lahan seluas 21.720 M2 tersebut adalah atas nama Investor PT Cotexi Inas yang bergerak di bidang garmen.

Adapun beberapa nama perusahaan dan pihak-pihak yang melakukan aktivitas di lahan kavling industri tersebut yang merupakan korban dari kejadian kebakaran seperti PT Intermode Apparelindo pengelola outlet stock center pakaian berbagai merk , PT Jaya Abadi pengelola jasa pengiriman paket dengan merk Metro Parcel Services/MPS), pengelola outlet dan gudang permen coklat Cadbury dan pengelola pusat jajan serba ada (pujasera), tidak terdaftar secara resmi di PT JIEP sebagai tenant maupun  investor KIP.

Di Kawasan Industri Pulogadung, setiap perusahaan harus mentaati Estate Regulations (ER) yang dibuat oleh PT JIEP. Salah satu klausul dalam ER dinyatakan bahwa peralihan dalam hal kepemilikan, peruntukan dan perubahan jenis industri/kegiatan dalam kavling industri harus mendapatkan persetujuan dari pihak PT JIEP.

Estate Regulations adalah tata tertib yang harus dibuat oleh perusahaan Kawasan Industri sebagaimana PT JIEP , hal ini sesuai dengan Kepres RI No. 41/1996 tentang Kawasan Industri dan SK Menteri Perindustrian No. 230/M/SK/10/1993 tanggal 23 Oktober 1993 tentang Perubahan Surat Keputusan Menteri Perindustrian No. 291/M/SK/10/1989 tentang Tata Cara Perijinan dan Standar Teknis Kawasan Industri yang mana tata tertib tersebut  wajib ditaati oleh setiap investor atau perusahaan-perusahaan yang berada di KIP maupun perusahaan  yang akan melakukan usaha di Kawasan Industri.

Terkait dengan kejadian yang menimpa perusahaan-perusahaan penghuni kavling II.M1,13,14 di Jl. Rawagelam I No. 6 KIP atas nama PT Cotexi Inas beberapa waktu yang lalu,  Direktur Operasional dan Pengembangan PT JIEP, Dicky Digdoyo menegaskan bahwa PT JIEP akan lebih menegakan ketentuan-ketentaun yang telah ditetapkan dalam ER demi ketertiban dan keamanan berusaha di KIP.  Pada kesempatan yang sama Dicky menghimbau kepada seluruh investor untuk senantiasa bekerja sama dan berkoordinasi dalam rangka menciptakan iklim investasi yang sehat, harmonis dan tumbuh secara bersama-sama di KIP.

“JIEP tidak akan memberikan pelayanan apapun kepada investor / perusahaan di KIP yang tidak terdaftar secara resmi sebagai tenant / investor di PT JIEP” tegas Dicky di tengah-tengah acara pencanangan Zona Parkir Lulus Uji Emisi untuk halaman parkir kantor PT JIEP, Senin, 7 Desember 2009 sebagai salah satu program memeriahkan Hari Bumi dan Eco Green Campagn – JIEP menuju Eco Green Industrial Estate. Lebih lanjut dikatakan bahwa seiring dengan registrasi investor tahun 2010, JIEP akan menertibkan data investor baik secara isian registrasi maupun data yang ada di lapangan.

Tentang JIEP :

PT Jakarta Industrial estate (JIEP) merupakan perusahaan BUMN yang sahamnya dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat dengan komposisi masing-masing 50 %. Berdiri pada tanggal 26 Juni 1973 dan sebagai pengembang kawasan industri pertama di Indonesia yaitu Kawasan Industri Pulogadung.

Kawasan ini mempunyai luas area sekitar 500 ha yang menampung sekitar 70 ribu karyawan yang tersebar di 430 perusahaan. Produk-produk yang disediakan JIEP hingga saat ini berupa produk untuk dijual : Tanah kapling Industri, serta produk sewa yang terdiri dari ; Bangunan Pabrik Siap Pakai 2 lantai, warehouse & transit warehouse, perkantoran, sarana usaha industri kecil dan JIEP Integrated Factory, JIEP juga menjadi pengembang real estate Gading Griya Lestari yang berlokasi di Kelapa Gading Jakarta Utara.

Untuk kegiatan operasionalnya, JIEP yang mempunyai visi sebagai pengembang property kawasan industri dan bisnis terkemuka, serta misis mengembangkan dan mengelola industri yang dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata, saat ini didukung oleh 110 karyawan.

Untuk informasi selengkapnya dapat menghubungi  :

  • Public Relations PT JIEP
  • Jl. Pulokambing No.1 Kawasan Industri Pulogadung
  • Jakarta Timur
  • Phone : (021) 4600305, Fax : (021) 4600730
  • Email : puri@jiep.co.id atau puri_jiep@yahoo.com

1 Comment

Filed under kebijakan1

One response to “JIEP Tertibkan Investor

  1. Jasa Broker !
    terjamin PT.EQUITYWORLD FUTURES
    ( LEGAL IZIN PEMETINTAH )

    Investasi di perdagangan berjangka INDEX ……… hang seng ….

    jika berminat bisa menghubungi di 083890709391

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s