Menjebol Avanza & Xenia Hanya Dalam Waktu 5 Menit!!

Kita semua tau kalo Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan mobil yang sangat ideal bagi masyarakat kelas menengah ibukota. Ruang kabin yang memuat tujuh orang penumpang sangat ideal bagi masyarakat kita yang biasanya memiliki keluarga besar. Harganya cukup terjangkau, mesinnya terbukti handal dan yang pasti terknologi VVT-i nya itu membuat bensin jadi iriiiittt banget sehingga ramah di kantong.

Kualitas yang sudah terbukti handal ini menjadikan Avanza Xenia sebagai mobil sejuta umat Indonesia. Harga second nya yang masih bagus bahkan bisa menyamai harga belinya dulu, menjadi salah satu faktor masyarakat suka mobil ini.

Sudah menjadi hukum alam, jika permintaan meningkat maka penawaran juga semakin meningkat. Hal ini pun terjadi di dunia permalingan Indonesia. Dengan segala kelebihannya sebagai mobil rakyat, Avanza Xenia juga menjadi top of mind di kalangan ”sampah masyarakat” ini.

Di perusahaan saya, tidak kurang dari 10 unit mobil yang hilang setiap bulannya di Jabodetabek. Sekitar 75 % diantaranya Avanza dan Xenia. Itu baru di perusahaan saya saja yang termasuk pemain menengah!. Bayangkan jika di Indonesia ada sekitar 10 perusahaan asuransi besar yang bermain di pasar Asuransi kendaraan bermotor, maka tidak kurang dari 100 mobil hilang setiap bulannya hanya di Jabodetabek. 75 diantaranya ya, Avanza dan Xenia. (ini hanya ilustrasi saja, harusnya nilainya bisa lebih tinggi lagi mengingat ada lebih dari 50 perusahaan asuransi di Indonesia)

Terus gimana mereka dengan begitu mudahnya mengambil mobil kita padahal kita sudah melengkapinya dengan peralatan tambahan?

Menurut salah seorang pelaku yang tertangkap di Polda Metro. Sebelum beraksi kelompok ini melakukan observasi lapangan. Mereka menggambar rumah kita, akses jalan serta kebiasan kita, seperti parkir menghadap mana, berapa orang penghuni rumah, tidur jam berapa dan sebagainya.

Pemilihan waktu adalah hal yang penting bagi pencuri profesional. Kalau ada pencuri yang melakukan aksi di tengah hari bolong tanpa melakukan hal-hal tersebut diatas, maka bisa di katakan bahwa itu adalah pemain baru yang masih amatir, atau pelaku yang memang sedang kepepet butuh uang.

Biasanya waktu eksekusi yang paling di sukai adalah antara pukul 03:00 WIB – 05:00 WIB, di saat semua orang sedang berada pada tidurnya yang paling lelap.

Setelah dirasa waktunya tepat, mereka beraksi dengan berkelompok, 3 -5 orang. Satu orang mengawasi jalan, satu orang merusak gembok pagar dengan menggunakan besi atau gunting besi atau sekalian pagarnya diangkat (mana yang lebih cepat), satu orang mematikan alarm dan seorang lagi merusak dan menjebol pintu mobil dengan menggunakan kunci T.

Bagaimana mereka mematikan alarm?

Harus diakui, bahwa mereka adalah expert di bidangnya. Kelompok pencuri ini mematikan alarm dengan menggunakan konsep magnet. Pada dasarnya alarm adalam sebuah magnet. Klakson atau juga merupakan magnet. Menurut hukum fisika, magnet jika di dekatkan dengan sesama magnet akan terjadi konflik atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Para maling ini akan meletakkan sebuah magnet besar di atas kap mesin mobil kita untuk merusak magnet dari alarm. Opsi lain adalah mereka memutuskan kabel alarm mobil yang berada di bawah liner fender yang berada di atas ban depan mobil.

Terus bagaimana dengan pintunya?

Untuk yang satu ini mungkin sudah lazim, anda dengar. Kunci mobil di rusak dengan menggunakan kunci letter T. Itu mudah sekali bagi mereka, walaupun ketika butik asuransi mencobanya ternyata cukup sulit juga

Tapi kan masih ada kunci pengaman stir, Nah yang ini bagaimana?

Sekali lagi butik asuransi katakan mereka adalah expert di bidangnya. Kelompok pencuri ini menggunakan bor listrik yang di hubungkan dengan baterai atau aki kering (aki motor) untuk merusak kunci pengaman stir. Lubang kunci, pas di tempat anak kunci dimasukkan, biasanya terbut dari timah, atau campuran timah bukan dari besi murni. Mereka mengebor tepat di tengah dan, aha mobil anda siap untuk diberangkatkan! Kunci kontak di rusak paksa kembali dengan menggunakan kunci leter T.

Nah makanya, jangan biasakan meletakkan STNK di dalam laci mobil!!

Karena hal ini akan merepotkan anda jika terjadi sesuatu kepada mobil anda. Polisi dan pihak Asuransi bisa mencurigai anda bersekongkol dengan pelaku, karena mobil biding yang memiliki STNK akan lebih mudah di jual dan harganya pun bisa cukup tinggi.

Untuk kesemua proses tersebut hanya memakan waktu kurang lebih 5 menit. Jika lebih dari itu, maka eksekusi akan di batalkan dan mobil di tinggal karena nyawa mereka bisa menjadi taruhannya.

Terus apa saya tidak perlu melengkapi mobil dengan peralatan tambahan karena sepertinya semua alat bisa di tembus?

Perlengakapn tambahan harus selalu anda gunakan dengan maksimal. Hal ini akan memperlambat proses eksukusi. Tentunya anda tidak ingin pencuri dengan mudah mengambil mobil kesayangan anda bukan???

Sebenarnya ada beberapa point di dalam proses tersebut yang patut di catat,
1. Waktu eksekusi biasanya pukul 03:00 WIB hingga 05:00 WIB. Biasanya orang sedang berada di dalam tidur yang sangat lelap pada jam-jam tersebut.
2. Penggunaan kunci letter T dalam setiap aksi.
3. waktu eksekusi yang relatif singkat.

Langkah preventif apa yang bisa di lakukan guna meminimalisir pencurian mobil saya?

1. Gantilah kunci mobil anda dengan menggunakan kunci yang tidak berbentu leter T. Saat ini di pasaran banyak tersedia kunci-kunci mobil yang susah di rusak, seperti tipe dingdong, nazi, kembang bunga, dsb. Walaupun mereka bisa menggunakan baterai kering, tetapi ini akan menghambat waktu eksekusi. Syukur-syukur membuat mood mereka hilang.

2. Biasakan menggunakan kunci pengaman stir terutama di siang hari. Dengan kunci pengaman stir akan membuat pencuri ilfil (ilang filling) untuk mencuri mobil anda di siang hari karena harus mengebor kunci pengaman stir. Kemungkinan ketahuan orang akan lebih besar.

3. Mintalah kepada bengkel anda untuk menambahkan kunci atau tombol rahasia di bagian belakang atau di suatu tempat di dalam mobil anda. Kunci ini hanya untuk digunakan saat malam hari ketika mobil di parkirkan di carport atau garasi rumah anda. Jika kunci tersebut dalam posisi on, maka mobil tidak dapat di hidupkan

4. Jangan letakkan kunci tersebut dekat dengan panel dashboard, karena tombol yang mencurigakan di dashboard akan menjadi pilihan utama jika mobil ternyata tidak bisa hidup. Ambillah sumber arus yang jauh dari dashboard untuk meminimalisir pencuri melakukan by pass kabel (arus pendek kabel-kabel di bawah stir) untuk menyalakan mobil. Jika ternyata mobil tidak bisa dinyalakan pastilah mereka akan panik dan kalau terlalu lama maka mobil akan di tinggalkan.

5. Jika rumah anda terletak di jalan raya yang bisa di lalui siapa saja (bukan rumah cluster atau komplek tertutup) dan tidak memiliki garasi, usahakan menutup pagar rumah anda dengan plastik keras, sehingga mobil di carport anda tidak terlihat oleh orang yang lalu lalang. Ingat pesan bang napi, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesemepatan, jadi waspadalah, Waspadalah!!

6. Jika anda seorang muslim, sering-seringlah melaksanakan shalat tahajjud. 1/3 malam yang akhir adalah saat-saat dimana doa-doa di kabulkan. Ingat, para maling ketika beraksi juga selalu berdoa kepada yang kuasa ”ya tuhan semoga tidak ada yang lihat” atau ”ya tuhan semoga penghuni rumah tertidur lelap” dan lain sebagainya.
Dengan melaksanakan shalat tahajjud selain anda bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT, anda juga bisa mengetahui jika ada hal-hal yang mencurigakan terjadi di rumah anda.

Pada akhirnya semua adalah tetap merupakan kehendak Tuhan YME. Maka dari itu selalu berdoa dan meminta kepadanya semoga ia menjaga dan menutup mata para pencuri dari mobil Avanza dan Xenia kita.

Jika ternyata mobil kita tetap hilang, berdoa juga kepada Tuhan YME. Memohon mobil kita untuk bisa di kembalikan, kalau memang rejeki. Jangan percaya kepada paranormal atau orang pintar. Karena kalau ada orang pintar yang bisa menemukan mobil hilang, maka penjara bisa penuh, Polisi pun nggak perlu investigasi kemana-mana, cukup panggil saja orang pintar tersebut.

sumber: dari blog sebelah (supermilan.wordpress.com) – http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=30667&page=1


Leave a comment

Filed under otomotif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s