Jokowi: Jakarta itu Milik Semua Lho!

Jakarta Joko Widodo menanggapi santai sindiran Fauzi Bowo mengenai calon gubernur yang berasal dari luar DKI Jakarta. Walikota Solo yang akrab disapa Jokowi ini menegaskan Ibu Kota terbuka untuk siapa saja, tanpa terkecuali.”Kita ini NKRI, Jakarta itu miliki semua lho, semua masyarakat Indonesia. Enggak perlu lagi bicara soal golongan, etnis, agama atau apapun lainnya,” kata Jokowi saat dihubungi detikcom, Selasa (20/3/2012).Dia menambahkan, tidak ada aturan mengenai calon gubernur/wakil gubernur harus berasal dari Jakarta. Jokowi memastikan meski tidak tinggal di Jakarta, calon dari daerah mampu menginventarisir permasalahan kota untuk dicarikan solusinya.

“Jaman sudah modern, kenapa masih bicara KTP dan daerah, saya kira sudah enggak relevan. Kenapa kita satu bangsa masih bicara kedaerahan, orang Papua bisa jadi gubernur Jakarta, begitu juga sebaliknya. Jadi enggak perlu dipermasalahkan,” imbuhnya.

Berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Jokowi resmi ikut bersaing dalam Pemilukada DKI Jakarta. Pasangan ini didukung koalisi PDI Perjuangan dan Partai Gerindra. “Kami ini namanya pasangan nusantara, jadi kami siap memimpin Jakarta yang heterogen warganya,” sebutnya.

Seperti diketahui, sindiran Foke atas calon dari luar Jakarta diungkapkan dalam deklarasi bersama Nachrowi Ramli kemarin. Foke meminta warga Jakarta memilih calon yang sudah dikenal. “Pilih yang kenal Jakarta, bukan yang tidak kenal Jakarta dan sudah teruji. Mari kita lanjutkan yang sudah ada. Kami berdua tidak ikhlas Jakarta diacak-acak orang lain, mari kembali menata Jakarta dengan orang Jakarta,” ujar Foke.

(fdn/ndr)

Leave a comment

Filed under berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s