Jokowi dan Menpera Sepakat Bangun Rusun Buruh

Sukma Indah Permana – detikNews

Jakarta – Kabar gembira! Buruh kini bisa menghuni rusunawa. Pemerintah dan 5 gubernur, termasuk Joko Widodo (Jokowi) sepakat mendirikan 35 twin block rusunawa buruh tahun 2013.

Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan gubernur Jawa Timur yang diwakili sang Sekda di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2013).

Jokowi hadir mengenakan baju seragam Betawi. Sedangkan para menteri dan gubernur berbatik ria.

Menpera mengatakan pemerintah merencanakan membangun 35 twin block pada tahun 2013. Sebelumnya periode 2005 hingga 2012, telah dibangun 42 twin block.

“Yang dapat dialokasikan tahun ini sesuai anggaran pemerintah hanya 24 twin block dengan kapasitas 2.700 unit untuk menampung 10.800 pekerja,” ujar Menpera dalam rilis yang diterima wartawan.

Berdasarkan BPS tahun 2012 sebesar 40 juta pekerja di antaranya tersebar di DKI Jakarta 2,2 juta, Bogor, Depok, Bekasi 1,6 juta. Banten 491 ribu pekerja.

Tingkat rata-rata upah minimum provinsi sebesar Rp 1,1 juta per bulan dan tingkat rata-rata pengeluaran untuk sewa rumah sebesar Rp 300 ribu serta biaya transporasi rata-rata Rp 500 ribu per bulan.

“Untuk itu diperlukan langkah percepatan penyediaan rumah, yang layak huni bagi pekerja atau buruh yang lokasinya dekat dengan tempat pekerja sehingga menghemat biaya transportasi,” kata Menpera.

MoU serupa juga akan diteken oleh Gubernur dari Jawa Tengah, Sumatera Utara, Bali dan Sulawesi Selatan pada 25 Maret mendatang.

(aan/mad)

sumber : detikNews

Leave a comment

Filed under berita, kebijakan1, properti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s